TB Silalahi Center

Bookmark and Share

Museum T.B. Silalahi

Museum T.B. Silalahi merupakan bagian dari T.B. Silalahi Center, yayasan nirlaba yang didirikan oleh Letjen (Purn) Dr. Tiupan Bernhard Silalahi. Yayasan ini didirikan dengan tujuan untuk melestarikan budaya Batak dan membentuk karakter masyarakat Batak. Yayasan ini dirikan berdasarkan akta nomor 10 tanggal 7 Agustus 2006 dan akta nomor 7 tanggal 8 Januari 2007. T.B. Silalahi pernah menjadi Menteri PAN 1993-1998.

TB Silalahi Center merupakan museum yang terdiri atas Museum Jejak Langkah dan Sejarah TB Silalahi serta Museum Budaya Batak TB Silalahi. Museum Jejak Langkah dan Sejarah TB Silalahi disebut juga sebagai ruang motivasi. Museum ini berisi koleksi pribadi TB Silalahi yang berupa pakaian dinas, bintang jasa, tanda kehormatan, kendaraan pribadi dan dinas, jenis senjata yang pernah digunakan oleh TB Silalahi, dan kenang-kenangan dari penjuru dunia yang diberikan kepada Bapak TB Silalahi. Sementara Museum Budaya Batak berisi peninggalan-peninggalan etnografi, seperti rumah adat batak yang telah berusia ratusan tahun, alat pertanian, mesin tenun, kain tenun, senjata berburu, perhiasan, lemari orang batak, perlengkapan datu bolon (Dukun Besar), tongkat sakti orang batak yaitu Tunggal Panaluan.

Museum ini merupakan suatu kebanggaan bagi orang batak khususnya yang berada di Toba Samosir, karena museum ini merupakan museum pertama yang ada di Indonesia dan khususnya di Tanah Batak yang didirikan oleh seorang anak batak asli oleh Bapak T.B Silalahi.
Diresmikan langsung oleh Presiden Indonesia Bapak Susilo Bambang Yudhoyono yang datang bersama Ibu Negara dan menjadi suatu kebanggaan bagi seluruh orang - orang yang di Sumut khususnya di Tanah Batak.

ALAMAT

Jalan Pagar Baru No. 88
Desa Silalahi, Pagar Baru, Balige-Tobasa,
Sumatera Utara
Telepon 0632-21588
Faks. 0632-21587
Website: www.tbsilalahicenter.org



Artikel Terkait




Share

Digg Google Bookmarks reddit StumbleUpon Technorati Yahoo! Buzz DesignFloat Delicious BlinkList Furl

0 komentar:

:)) ;)) ;;) :D ;) :p :(( :) :( :X =(( :-o :-/ :-* :| 8-} :)] ~x( :-t b-( :-L x( =))

 
TANGGU RAJA PARDEDE | HARLEN PARDEDE | PARDEDE Template™